Kuliner Khas Bali ini Kaya Akan Rempah

Kuliner Khas Bali ini Kaya Akan Rempah

Bali kini sangat terkenal hingga mancanegara, dikarenakan destinasi wisata yang banyak dan memiliki keindahan pantai yang luar biasanya cantiknya. Banyak turis maupun wisatawan lokal yang memilih pulau ini sebagai tujuan utama, seperti liburan. Keindahan pantai di kawasan Bali juga banyak dan digemari wisatawan, seperti pantai kuta, tanah lot, sanur, dan lain sebagainya. Jika anda hendak berkunjung ke Bali, tentu ada yang kurang jika belum mencicipi kuliner khas Bali. Makanan khas daerah ini mempunyai ciri khas rasa yang kaya akan rempah dan pedas. Hal ini memiliki keunikan tersendiri, dikarenakan banyak turis yang menyukai makanan khas bali ini. Apa saja sih makanan khas Bali yang wajib anda coba? Yuk simak artikel berikut:
  1. Ayam betutu
Ayam betutu merupakan salah satu makanan icon khas Bali. Jangan lewatkan makanan ini jika anda hendak berkunjung di Bali. Jika anda suka makanan yang pedas, pasti anda akan ketagihan setelah makan masakan ini. Rasa khas dari masakan ayam betutu ini dikarenakan bumbu yang sudah diracik dimasukkan kedalam perut ayam kampung, kemudian ayamnya dibungkus menggunakan daun pisang dan kemudian di panggang dengan bara api dalam kurun waktu 24 jam. Tentu, tidak diragukan lagi dengan rasanya yang memiliki rasa gurih, lembut dan pedas yang khas. Masakan ini tidak hanya menggunakan daging ayam saja, ada juga yang menggunakan daging bebek dengan memasak kuliner khas bali ini.
  1. Sate lilit ikan tenggiri
Jika sate lain biasanya ditusuk, sate lilit ini dibuat dengan cara dililit. Daging ikan tenggiri yang sudah dicincang halus, dililitkan di tangkai bambu atau daun serai. Keunikan inilah yang membuat daging empuk, terasa gurih dan wanginya yang khas dan sedap. Sate lilit ikan tenggiri inilah yang menjadi makanan khas Bali yang banyak pecintanya.
  1. Serombotan
Serombotan merupakan kuliner yang bahan utamanya terdiri dari sayur – sayuran seperti kacang panjang, buncis, kangkung, tauge, dan pare. Kemudian bumbu dari serombotan ini bernama kalas, yang terbuat dari santan yang dicampur kunyit, lengkuas, bawang – bawangan, kencur, ketumbar. Kemudian dikombinasikan dengan bumbu yang pedas dan bumbu kacang. Hmm, tentu kaya akan rempahnya bukan?
  1. Nasi tepeng
Makanan khas dari Gianyar Bali ini memiliki tekstur lembek dan lunak seperti bubur. Rasa khas dari masakan ini adalah racikan bumbu aroma rempah – rempah yang kemudian disiram diatas tepeng. Rasa pedasnya juga pasti akan menambah selera anda. Biasanya, kuliner ini dilengkapi dengan sayuran seperti terong, nangka muda, kacang merah, kacang panjang, kelapa parut. Lauknya pun biasanya terdiri dari telur dan suwiran ayam. Penyajiannya pun sangat tradisional yang menggunakan daun pisang. Hmm, pasti ini bakan menggoyang lidah anda setelah anda mengkonsumnya.

You Might Also Like

0 komentar